Rabu, 08 Desember 2010

Hidup dalam Pengaruh Musik


Pernahkah Anda berpikir bahwa musik dapat membawa pengaruh yang besar sekali dalam kehidupan seseorang. Sebuah penelitian membuktikan bahwa musik tertentu dapat meningkatkan pertumbuhan sel otak bayi. Penelitian yang lain juga mengatakan bahwa komposisi musik tertentu dapat meningkatkan aktivitas sel otak bagian tertentu, sehingga dapat meningkatkan kecerdasan seseorang.

Tapi lepas dari itu semua, saya telah mencoba mengadakan penelitian kecil-kecilan - tentang hubungan karakter seseorang berkaitan dengan musik yang digemarinya dan yang sering didengarnya - yang hasilnya saya kumpulkan sejak tahun 2000 hingga sekarang, melibatkan ratusan anak-anak usia SMA (dari masa ke masa), dan hasilnya cukup mengejutkan. Bahwasanya, kesimpulan yang saya tarik untuk sementara ini, ternyata hampir 80 % karakter yang terbentuk dalam diri seseorang itu dipengaruhi oleh musik yang didengarnya…

Dan inilah hasil sementara…
  1. Pendengar musik Klasik dan Jazz memiliki karakter yang keras, kemauan yang kuat, dan seringkali memberikan improvisasi dalam langkah-langkah yang diambilnya, yang terkadang susah untuk dipahami, tapi memberikan hasil akhir yang positif dan bisa dipertanggung-jawabkan.
  2. Pendengar musik Rock, Grunge, dan Sejenisnya,memiliki karakter yang keras dan tidak terarah, bertindak semuanya sendiri, dan seringkali tidak memperhatikan norma-norma yang ada dalam masyarakat. Tindakan-tindakan yang dilakukannya seringkali hanya berdasarkan pikiran yang terlintas sekilas lalu saja, sehingga jarang sekali mereka memikirkan akibat yang akan dihasilkannya. Ditinjau dari sisi positifnya, sebenarnya mereka adalah orang-orang yang memiliki keberanian yang sangat luar biasa, sehingga seringkali dianggap nekat.
  3. Pendengar musik Pop, Slow Rock, dan sejenisnya, memiliki karakter yang datar-datar saja. Bahkan dalam tingkatan tertentu, mereka adalah orang-orang yang takut pada perubahan yang drastis.
  4. Pendengar musik Keroncong, Langgam, dan sejenisnya, memiliki karakter yang lebih banyak pasrah pada nasib dan kehidupan. Mereka lebih merasa nrimo dengan apa yang sudah mereka miliki. Hampir semua responden penggemar musik ini jarang sekali saya temui dalam keadaan frustrasi atau mengeluhkan keadaan hidupnya, mereka selalu terlihat tersenyum menantang hidup…

Nah, dari hasil yang saya dapatkan, maka hati-hatilah dengan musik yang Anda dengar…
Percaya atau tidak,semuanya terserah Anda…………..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar